Posted by Wicky - -

Setiaa.... hmmmm..

Daripada ngomongin banjiirr, yg jelas2 bikin bete' binti sedih... Gw pengen aja ngebahas tentang Kesetiaan laki-laki.. (padahal jelas, nih masalah.. kadang bikin bete juga sih.. :p :p )

@ Ada yg berpendapat..:

Kesetiaan adalah nilai perempuan. Kesetiaan untuk laki-laki, ia diberikan begitu banyak ruang toleransi.
Kenyataan telah memberikan banyak bukti. .
Kisah Ramayana telah membiarkan seorang Shinta menerjunkan diri ke tengah kobaran api demi sebuah pembuktian kesucian dan kesetiaan.
Epos Mahabrata dengan sangat diametral membiarkan Sembadra setia sedangkan Arjuna selalu mencari cinta pada banyak wanita.

Seorang janda juga tidak mudah mengganti suaminya yang telah tiada atas nama setia dan barangkali keberatan anak-anaknya.

Anehnya, seorang duda dianggap biasa-biasa saja bila ia ingin cepat-cepat mendapatkan istri baru, bahkan yang lebih muda. Islam, agamaku mengharuskan perempuan yang menjadi janda menunggu sampai 3 kali masa suci sebelum ia bersiap menerima pinangan lagi. Laki-laki? Bahkan ia boleh menikah di sore hari bila sang istri meninggal diwaktu pagi.
Mengapa? Apakah laki-laki tidak berbakat setia? Apakah kodrat telah menjadikan laki-laki lebih mudah berpindah kelain hati? Ataukah memang laki-laki secara biologis dan psikologis lebih membutuhkan kehadiran pasangan jenisnya? Atau segala alasan diatas memang disediakan menjadi milik laki=laki dari Sang Kuasa?



@ Ada juga yg berpendapat...:
kesetiaan itu bukan bentuk pengorbanan, tapi yang lebih pantas adalah bentuk pelayanan.....

kesetiaan bukan masalah gender, kita bisa tetap setia, tapi tanpa harus menganiaya diri sendiri,....
seorang suami misalnya bisa tetap setia kepada istrinya yang telah meninggal dengan mendoakannya dan mendidik anak2 hasil pernikahan mereka dulu, tapi dia tetap melanjutkan hidupnya dengan wanita lain, karena memang ia butuh pendamping uintuk menentramkan batinnya......

itulah ytang dinamakan kesetiaan: tetap memuat unsur keadilan.........
apakah kesetiaan berarti tidak menikah lagi setelah ditinggal mati, padahal hidup terus berjalan dan ujian hidup berganti-ganti?

apakah kesetiaan adalah janji?
janji bukan lah kesetiaan, janji menyangkut komitmen dan rencana, komitmen menyangkut harapan, harapan menyangkut keinginan-keinginan, maka janji bisa berarti keinginan-keinginan, jika kesetiaan adalah janji, maka kesetiaan bermakna belenggu??
bukankah kesetiaan bukanlah belenggu???

at last....
cinta seorang perempuan ibarat kuku di jari. terlihat kecil, tetapi meski ia dipotong habis, ia akan terus tumbuh. sedangkan cinta seorang laki-laki ibarat gunung merapi. suatu ketika ia akan melindungi, tetapi suatu ketika ia juga akan meletuskan lahar panas yang menghancurkan semuanya...


Fiuuuhh legaaaa....